Awalnya Menjadi Capoeirista


Yay!!
Sekarang gue mau cerita tentang salah satu olahraga kesukaan gue yaitu Capoeira.
(Kalo mau tau tentang sejarah Capoeira bisa dilihat dengan nge-klik disini)

Capoeira adalah salah satu seni bela diri yang berasal dari Brazil.
Uniknya olahraga satu ini adalah tiap gerakan yang dilakukan seperti orang yang sedang menari.
Dengan menitikberatkan kepada tendangan, seorang capoeirista (sebutan untuk orang yg melakukan capoeira) harus memiliki keseimbangan dan gerakan yang cukup luwes.



Nah, sejak 20 bulan lalu, gue mulai belajar Capoeira.Sebenernya gak bisa dibilang 20 bulan sih, soalnya lebih banyak bolosnya :pKenapa gue baru belajar Capoeira setelah dewasa?Karena baru ada kemampuan secara 'materi'-nya sekarang. Dari dulu udah pengen banget, tapi sayangnya orang tua gue gak ngizinin. Jadi, setelah gue punya kemampuan untuk menghidupi diri sendiri, barulah gue berani untuk gabung
Kemudian gue dikenalkan ke relasi bokap yang ternyata punya anak seorang instruktur Capoeira bernama Andrew dan gue diajak untuk mengikuti kelas Capoeira-nya di Cilandak Sport Center (Citos). Voila! Saat itu juga tanpa basa-basi gue langsung mengiyakan ajakan tersebut!

Latihan setiap hari minggu siang, awalnya agak berat tapi lama-lama terasa sangat menyenangkan dan ringan. Tiap gerakan memiliki nama, bahkan kita dituntut untuk bisa menghitung angka dalam bahasa portugis. Suasana Brazil yang gue rasakan saat itu kental banget.
Ternyata gak cuma Capoeira yang gue pelajari disini, tp gue juga diajarin mainin alat musik tradisionalnya, tariannya, bahasanya, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan Capoeira.
Menyenangkan sekali.

Hampir selama setahun awal gue latihan, gue gak pernah mau duel/combat karena gue merasa masih cupu dan masih belum lentur untuk mengikuti berbagai gerakan (bahkan sampe sekarang juga masih payah) tapi beberapa kali gue diajak show di berbagai event, gue jadi semakin termotivasi untuk melakukannya lebih baik lagi dari hari ke hari.

Sekarang gue, udah jarang latihan karena berbagai aktifitas tapi gue usahakan setiap ada show di mall atau event apapun untuk hadir memeriahkan. Meskipun gue cuma bisa gerakan-gerakan standar yang cupu, tapi setidaknya gue ikut berperan (baca: eksis) hahahahaaa...
Anyway, salah satu teman gue bilang:
"Elo kalo nendang kakinya panjang banget, cocoknya dikasih nama 'Perna Longga 'artinya Kaki Panjang"
"Sounds cool !" Jawab gue.

Gue sebenernya pengen banget bisa aktif lagi kayak dulu (apalagi tiap nge-gym gratis :D) tapi kadang deadline dan otak dan badan suka gak mendukung jadi malas deh. Yah..doakan saja gue bisa aktif lagi dan makin jago akrobatiknya :D

Ngomong-ngomong soal akrobatik, kelas akrobatik terpisah bukan di Citos tapi di Ragunan. Disana lengkap fasilitasnya buat yang pengen latihan akrobatik, mau jungkir balik atau salto sambil kayang juga bisa latihan disana.
Jangan kayak gue, latihan salto di pasir. Hasilnya punggung gue cedera..hahahahhaha XD

Gue pernah cedera beberapa kali saat latihan, yang paling parah adalah saat gue latihan sendiri di teras kosan gue. Siang itu gue latihan pake sepatu kets, dan ternyata lantai teras itu licin. Saat gue melakukan satu gerakan tendangan..BUAG!! jatuhlah gue kepeleset dgn posisi tangan kanan gue ketiban badan gue sendiri yang jatuh menyamping. Hasilnya 2 minggu tangan gue sakit seperti terkilir dan sakit banget, tapi ini gak mengurangi niat gue untuk terus belajar. Yah, namanya juga olahraga wajarlah klo mengalami sedikit cedera.
Tutup cerita kalo ada yang mau ikutan latihan, atau mau tukar ilmu boleh aja sesekali diskusi bareng. Terbuka buat siapa aja, karena pada dasarnya gue ikutan Capoeira sebagai hobi dan olahraga aja, jadi gak mesti ikutan kelompok mana yang penting kita sehati..eeaaaaa!!


CONVERSATION

6 comments:

  1. wah razqi.. ngiriiiiiii *A*
    sayah juga suka ngiler kalo liat show Capoeira pengen ikutan. ;A; tapi udah keburu malu duluan hahaha
    padahal selain bisa bikin badan sehat, Capoeira kan keren ya..

    ReplyDelete
  2. Haha..
    iya Chie, keren banget kalo emang benar2 bisa jago..kamu ikutan aja, SERU KOK!!
    dulu gue awalnya juga malu gitu, karena merasa belom yakin bisa..tapi lama2 setelah memaksa untuk memberanikan diri lama2 jadi terbiasa dan mengalir begitu aja gerakannya tanpa kita sadari.

    Sama dengan halnya klo kita menggambar, mengalir gitu aja ngikutin gerakan tangan.

    Ayo archieee..ikutan :)

    ReplyDelete
  3. kalo di carfree day bandung juga suka ada yang show gitu, liatnyah asik banget anak2nyah pada kompak, irama musiknyah juga asik..
    saat ini beneran dah belom berani.. ;A;
    tapi kalo di car free day ada Capoeira pingin tanya2 juga..
    yang sayah liat banyak nyah anak2 masih sma smp gitu.. tengsing uy kalo ikutaaaan >///<

    awal2 latihanyah emang apa qi? ada pemanasan lari berkilo2 ato push up gt ga?

    ReplyDelete
  4. Gue gak selalu main di Car Free Day, tergantung ada yg ngundang atau enggak aja..
    Kalo di Car free day kemaren, gue kayak ngajarin ibu-ibu dan bapak-bapak yg abis senam gerakan2 capoeira gitu terus menjelaskan manfaat dan kelas kita ada dimana aja gitu..
    Kalo mau tanya2, lo dateng aja ke kals gue di citos tiap hari minggu jam 1 siang..
    anak2 kecil umur 6 tahun juga ada kok yg latihan, dan awal2nya pastilah yg namanya pemanasan itu ada tapi langsung diajarin dasar2nya kok..enggak kayak militer juga lah..

    ayo Archie gabung!!

    ReplyDelete
  5. Anonymous12/03/2011

    gan.. ane mo nanya, klo ikutan capoeira bisa nggak buat org yg badannya gede.. (tapi ane nggak gede2 amat) cuman gara2 pendek aja ane kelihatan badan gede.. Tinggi 157* Berat 85*

    Ket: (*) terakhir kali ngukur...

    ReplyDelete
  6. hmm,, jadi pengen nyoba mas... kira2 kesulitan yg paling mas rasakan itu apa?

    ReplyDelete

Back
to top