Cara Jenius Belanja Online Tanpa Kartu Kredit


Di zaman yang serba hi-tech seperti sekarang ini, tiap orang pasti pengen hidupnya lebih mudah dan praktis termasuk mengatur Life Finance-nya agar semua bisa dikendalikan hanya melalui smartphone. Berangkat dari hal ini, BTPN merilis sebuah inovasi baru buat memenuhi gaya hidup kita sehingga kita dapat mengendalikan keuangan secara mudah, cerdas dan aman dengan nama Jenius yang telah tersedia di App Store (iOS) dan Google Play Store(Android).

Lalu, bagaimana Jenius bisa mengubah gaya hidup dalam mengelola Life Finance kita?

Sebagai salah satu negara berkembang yang pengguna internetnya banyak banget, kita diberikan kemudahan oleh aplikasi Jenius untuk membuka rekening bank tanpa harus repot mengantri dan menghabiskan waktu di bank, gak perlu repot lagi ngafalin nomer rekening karena bisa menciptakan nama Cashtag ($) sendiri sebagai pengganti nomer rekening, bisa transfer uang cuma berdasarkan nomer telepon dan email, akses keamanan dengan sidik jari, bahkan bisa bebas belanja online dengan menggunakan E-card berlabel Visa yang bisa digunakan sebagai pengganti kartu kredit dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Luar biasa banget, kan?

Lalu gimana nih supaya bisa ikutan Jenius juga?

Pertama, kamu harus download aplikasi Jenius di toko aplikasi smartphone dan ikuti proses registrasinya hingga selesai.

Tipsnya agar proses registrasi lancar:


  1. Dibutuhkan koneksi internet yang kuat dan stabil seperti Wifi atau 4G. Jenius tidak picky soal koneksi asalkan stabil.
  2. Siapkan KTP karena Jenius akan meminta kamu selfie bareng KTP-mu! Oiya, NPWP juga jangan lupa!
  3. Siapkan pulpen dan kertas karena Jenius akan meminta foto tanda tangan kamu.
    Di menu rekomendasi teman, jangan lupa untuk masukkan $aryanatar ya!
  4. Proses registrasi hanya memerlukan waktu 10 menit, apabila tiba-tiba terhenti maka dibutuhkan waktu jeda 10 menit untuk mencoba kembali menggunakan e-mail yang sama atau bisa langsung mencoba lagi dengan e-mail yang lain. Masa waktu untuk menyelesaikan semuanya sebaiknya tidak lebih dari 45 menit.
  5. Saat upload KTP, Jenius akan membaca biodata dan mengisi kolom isian kamu jadi sebaiknya cek ulang biodata hasil foto KTP karena faktor cahaya berpengaruh dalam proses pembacaan tulisan datamu.
  6. Kalau mengisi tanggal lahir secara manual, perhatikan urutan pengisian diawali dari bulan, tahun, lalu tanggal.
  7. Hindari menekan layar atau tombol berulang-ulang agar, sabar adalah kuncinya :D

Kedua, ciptakan password yang unik dan otentik minimum 8 digit hasil kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka dan tanda baca / special characters (contoh : Akuganteng30kali! ).

PIN harus terdiri dari 6 angka yang tidak mudah ditebak, sebaiknya sih jangan tanggal lahir atau angka yang berurutan seperti 123456 yaaa!

Ketiga, tentukan nama Cashtag ($) kamu! $Cashtag ini akan menjadi pengganti nomer rekening ke sesama pengguna Jenius. Ya bisa dibilang mirip username-lah kalau di social media seperti Instagram atau Twitter.

Apabila tahap-tahap registrasi sudah selesai, maka kamu sudah siap untuk merasakan pengalaman baru dan siap untuk memiliki bank pribadi! Nantinya kamu akan dihadapkan dengan tampilan dashboard seperti ini:





Untuk mengetahui nomer rekening/akun Jenius (yang otomatis telah menjadi rekening di Bank BTPN) kamu harus sentuh di pilihan menu dan memilih view profile.





Keempat, sebelum akun kamu benar-benar aktif, kamu hanya bisa melakukan top up dan menerima pengiriman uang. Maka sebaiknya masukkan saldo ke akun Jenius dengan memasukkan nomer rekening Bank BTPN yang telah kamu miliki. Setelah kamu berhasil terdaftar di Jenius kamu akan secara otomotis memiliki nomer rekening Bank BTPN tersebut, praktis banget kan!



Kelima, setelah proses aktivasi berhasil, Jenius Crew akan menghubungi untuk janjian pengantaran kartu debitmu (M-card), nah kalau sudah terima kartunya langsung deh diaktifkan sesegera mungkin.

Sesudah saldo Jenius kamu terisi dan m-Card kamu sudah aktif, yang harus kamu lakukan berikutnya adalah masuk ke fitur Card Center, di mana kamu akan melihat dua pilihan menu m-Card dan e-Card.




M-Card adalah kartu debit fisik berlogo Visa yang akan kamu terima nantinya setelah dihubungi oleh pihak BTPN dan berfungsi juga sebagai kartu ATM di ATM bank BTPN maupun mesin ATM yang berlogo Prima dan ATM Bersama.

Oiya, kalau kartu fisik (m-Card) kamu hilang tidak perlu repot-repot menghubungi call center hanya untuk sekedar memblokir kartu tersebut karena kamu bisa melakukan blokir sendiri atau membuka blokir melalui aplikasi Jenius, gak perlu repot berlama-lama telpon ke call center... praktis banget kaan? (Kecuali kalau memang beneran hilang dan kamu perlu dikirimkan kartu M-card baru, nah baru deh tuh kontak ke call center).

Sedangkan e-Card adalah kartu elektronik berlogo Visa yang bisa membantu memuluskan transaksi online shopping. Karena didukung oleh teknologi Visa, otomatis kartu ini juga diterima dengan baik secara internasional seperti kartu kredit, mau belanja di e-commerce luar negeri sudah pasti akan berjalan lancar. Jadi, kalau mau beli aplikasi di App Store atau Play Store, langganan Spotify, Uber, atau yang lain kamu gak perlu kartu kredit lagi, cukup gunakan nomer kartu dan CVV code yang ada di e-Card asalkan jangan lupa untuk selalu mengisi saldo e-Card kamu, ya!

Oiya,untuk mengisi saldo di e-Card kamu harus top up dari m-Card ke e-Card sesuai jumlah yang diinginkan.

Bagaimana, menarik, bukan?

Kini kamu gak perlu lagi repot bikin kartu kredit cuma buat belanja online, kamu juga gak perlu takut dan was-was tiap tagihan kartu kredit yang datang dan takut tagihannya membengkak gara-gara hobi belanja. Sekarang waktunya mengatur sendiri Life Finance yang kamu miliki dan membatasi limit pengeluaranmu dengan cara yang lebih simple, smart, and safe.

Ini baru satu dari segudang manfaat yang dimiliki Jenius yang kepake banget sama gue, kalau kamu penasaran dengan manfaat lain apa aja yang bisa kamu dapatkan langsung aja ke www.jenius.com ,atau kalau perlu bantuan lebih lanjut kontak Jenius Help di 1500365 , e-mail: jenius-help@btpn.com atau LINE: @jeniushelp atau bisa juga cek kumpulan pertanyaan dan jawaban yang ada di https://www.jenius.com/id/jenius-care .

Anyway, kalau udah berhasil On Boarding kasih tau gue ya kalian akhirnya belanja apa saja.. HAHAHA #AryanAnakYangKepo




CONVERSATION

80 comments:

  1. Berhubung akunku belum jadi, pinjem dong buat jajan stiker path heheeheh

    ReplyDelete
  2. Mau share dikit aja abis baca ini. Sebetulnya gw tipikal yang udah malas sama kempen2 yang wara-wiri kalo produk perbankan. Soalnya ntar kaya bank tetangga, kebanyakan kartu tapi gunanya itu2 aja. Hehe. Terus nyobain si app ini ya karena penasaran (gw orangnya emang suka ngulik app2 baru).
    1st impression "wah, kece juga bisa scan KTP langsung bisa tracking data-data tanpa gw input ngetik lagi, aslik malas!" App-nya juga punya UI sederhana dan UX yang cepat dipelajari.

    Soal pengiriman kartu sedikit bete karena dijanjiin seminggu, eh malah datang 2 minggu (pfttt banget), tapi ya sudah aku kan sabar banget orangnya (apeuhh). Kemarin ini Senin, 22 Agustus 2016, kartu gue datang (oemji akhirnyaaa). Hal yang bikin gue norak, karena gw anaknya digital banget, terkesima sama verifikasi yang dilakukan mas-mas yang nganter kartu.

    Udah tuh, penasaran kan baca2 di Twitter ini bisa dipake buat beli-beli app di App Store. Pas nyoba-nyoba...langsung implusif:)) Per hari ini udah subscribe (gratisan) Apple Music yang harus pake CC dulu itu, udah subscribe (gratisan) Netflix, beli Adobe CC dan semua tanpa ngutang (gw transfer dari rekening bank biru gw ke si BTPN Jenius ini)

    Intinya, bagi orang yang nggak punya CC kaya gw, malas ngutang, tapi suka belanja barang digital dan berakhir nebeng CC teman, ya gw bisa saranin pake Jenius ini. Itu aja sih. Btw, ini bukan endorse. Cuma suka sharing aja soalnya productnya bener bagus. Kalo product so-so dan ga baru, gw juga malas kasih comment :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa nambahin: menghemat waktu, buka akun bank langsung di hape, ga pake antri.

      *dah itu aja, maap banyak*

      Delete
  3. Pake jajan apa? Pake jajan avatar di Warung Avatar, kak! Yang harganya lagi promo ituuuu.. *kedip2* *Nungguin avatar jadi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantab kakak ini langsung dipake buat jajan avatar :D

      Delete
  4. Apakah m-Card dan e-Card adalah dua kartu fisik yang berbeda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keduanya berbeda bro!

      m-Card adalah kartu fisik yg bisa dipake di mesin ATM kayak kartu debit biasa
      sedangkan e-Card adalah kartu elektronik (tidak ada bentuk fisiknya) yg saldonya harus diisi dari m-card dan dikhususkan untuk transaksi online dan memiliki nomer kartu serta CVV Code yg beda dengan m-card, sehingga keamanan saat transaksi online makin berlapis.

      Delete
  5. Saya pengguna baru nih ka , kalo dipake nabung ke bank btpnnya bisa apa engga ka?:') terus nabungnya gapake buku gitu ? Soalnya aku belum dapet kiriman kartunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, langsung ke cabang bank BTPN aja.
      kan kita udah otomatis punya nomer rekening kita sendiri di bank BTPN

      Tapi saran aku sih, mending nanti aja tunggu kartunya datang supaya maksimal terpenuhi semua prosesnya dan bs menikmati segala fitur dan fasilitasnya :)

      Delete
  6. Anonymous9/06/2016

    Wah, boleh juga nih. Sudah sakit hati apply CC ditolak terus. Thanks buat infonya ya. Saya share deh ke medsos :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHA!!
      Gue juga sering ditolak..

      hiks :(

      Delete
  7. Mirip payoneer ya gan? Kira2 bisa untuk verifikasi Paypal & bayar Facebook Ads nggak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gue malah belom nyoba payoneer..
      untuk verifikasi paypal dan bayar facebook ads bisa banget bro..

      hayoo didonlot!

      Delete
    2. Udah pernah dicoba pake verifikasi PayPal bro? bagaimana cara dapat 4 digit kode paypalnya?

      Delete
  8. Untuk verifikasi PayPal bisa kah? Soalnya pas verifikasi gagal terus. Muncul pesan 'Kartu ini tidak diterima. Gunakan kartu lain.' What am I missing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan nomer kartu dan cvv code yg ada di E-card bro, jangan yang di M-card.
      Kalau masih gak bisa juga,
      coba sebaliknya..gunakan nomer kartu dan cvv yg ada di M-card.

      namun biasanya untuk transaksi online yang selalu diapprove itu pasti yg dari E-card.

      Delete
  9. Kalo cara kita nyimpen uang ke akun atau ke cashtag kita gimna
    Terus kalo belanja kredit yg perbulan apa bida pakai kartu jenius ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transfer dr rekening bank lain ke nomer rekening BTPN lo, cashtag hanya berlaku untuk transaksi ke sesama pengguna Jenius.

      Delete
  10. Cara dapet kartu E-Card gimana ya? Soalnya aku baru dikirimin yang M-Card aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous10/18/2016

      sama

      Delete
    2. E-card otomatis dapet langsung dr aplikasinya. Bukan bentuk fisik kayak M-card.
      Coba baca lagi di atas soal E-card.

      Delete
  11. Anonymous11/10/2016

    Saya juga dah ikutan, tinggal nunggu kartu debitnya dateng dlm waktu 1-2minggu semoga lebih cepat. Hhhhe

    ReplyDelete
  12. Online shop apa ajh yg suport ke jenius yah buat blanja online .....saya penghuna baru udh 1 minggu kartuny blm dikirim jga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua online shop yg mendukung kartu VISA pasti bisa kok bro..
      kalo belom dikirim juga coba telfon CS-nya gih.. mintain ..

      Delete
  13. Anonymous11/22/2016

    apa bisa kredit pake kartu ini bro?misal kaya cicilan pembayaran via lazada gitu hehe thanks

    ReplyDelete
  14. malem minggu bikin akun, minggu pagi rekening BTPN udah jadi, senen siang ditelpon CS, selasa pagi mas2 gawl dateng ke kantor buat verifikasi KTP dan tanda tangan. Siang harinya e-Card udah aktif, tinggal nunggu kartu debetnya nih (m-Card)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay!
      Welcome to the club, nanti sharing pengalamannya yah..

      Delete
  15. Bisa dipake buat cicilan ga?? Web apa aja yg support cicilan btpnckalo bisa nyicil?

    ReplyDelete
  16. Masbro... Di jenius kan ada semacam reward gtu... Ajak teman dapet saldo masing" 50k... Bener gak tuhh... Adakah yg udah nyoba ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, coba pas daftar masukkin kode Cashtag $BONUS pasti dapet bonus 50.000 rupiah :D

      Delete
  17. Baru daftar nih tadi pagi, sejam kemudian di telfon tapi sinyal putus putus :') besok janji dateng buat verifikasi. Kartu debit dapetnya besok atau petugas nya beda lagi ya?

    ReplyDelete
  18. Klo buat blanja d minimarket/supermarket m-card jenius bisa di gunakan gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih bisa ya, kan di m-card ada logo visanya..

      Delete
  19. Keren emg Jenius,
    Rekening bank, ewallet, financial service, Virtual Caard jd satu app!

    Ada fitur Dream saver, flexy saver, split bill, Pay me, dll lagi...


    Kalo mau daftar Jenius coba masukkan cashtag $BONUS bisa dapet bonus saldo awal Rp50.000 loh!

    ReplyDelete
  20. Anonymous12/11/2016

    Soal yg pertanyaan apakah bisa buat belanja kredit seperti di lazada belum di jawab tuh, ayo dong pemcerahan nya bro, bisakah?:

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua transaksi yga ada logo VISA pasti bisalah..

      Delete
  21. Gimana cara lihat nomor cvv dan nomor e-card kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tap aja pilihan E-card nanti langsung Masuk ke E-card detail terus tap di Show CVV code

      Delete
  22. Akun baru aktif nih, tapi m-Card belum dikirim, tinggal nungguin :)

    $zalancn

    ReplyDelete
  23. Untuk verifikasi & ambil m card bisa kita ambil sendiri ga ke banknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bisa deh janjian sama petugasnya, tunggu sampai dihubungi aja kaaakaaakk..

      Delete
  24. kakak aku lagi nunggu kartunya ....

    ReplyDelete
  25. tinggal tunggu kartu, tadi crew jenius ke rumah buat verifikasi data. katanya seminggu baru dateng.
    oy, buat penggunaan e-card musti ngisi saldo dulu ya?? soalnya pas minta lihat kode cvv e-card, error mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus aktifin kartun m-card dulu, terus isi saldo ke e-card nanti baru bs dilihat cvv code nya

      Delete
  26. saya sudah dikirim m-card sudah aktivasi tp belum muncul e_card bro gmna yah

    ReplyDelete
  27. Gan saya baru dpet kartunya ni. kok di dasbor saya ngga ada e card yah cuma ada m card.

    ReplyDelete
  28. Gan saya baru dpet kartunya ni. kok di dasbor saya ngga ada e card yah cuma ada m card.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aktifin dulu m-card nya dengan pilih menu m-card terus masukin angka yg ada di kartu fisik warna orange, nanti e-card nya nongol deh :)

      Delete
  29. Bisa x pake castag ane nih yg baru mau daftar @fee50rb 😁

    ReplyDelete
  30. Baru abis di tlf sma org btpn siang td buat janjian mau ktemu.. Nnti klo kartu udh ditangan ksni lg deh.. Oia numpang cashtag ya $50riburupiah unik ye..

    ReplyDelete
  31. cara aktifin kartunya gimana ya, harus ke bank bptn nya ya? soalnya yg ketemuan itu gabisa terus dan saya coba telpon ke 1500365 juga gabisa. oh iya kemaren waktu daftar saya gamasukin cashtag soalnya masih belum tau, itu bisa di isi lagi ngga ya? soalnya belum di isi itu. dan juga kalo dari bank lain trf ke bank btpn nya untuk mengisi saldo nya akan dikenakan biaya atau engga. makasih yaa
    oh iyaa di cashtag aku $meliyashinta kamu akan dapet 50.000 rb lohhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Janjian aja sama orangnya, gak mesti ke bank BTPN kok..

      Pilih menu awards deh terus undang temen2 kamu pake cashtag kamu, nanti kalo dia udah aktif saldo kamu juga ikut nambah kok..

      Delete
  32. Mau Tanya bro INI Beda Sama cc ya..JD Klo ga isi Saldo ga BSA pke shoping dong. Ga Kaya cc belanja dulu Baru bayar. Mohon penjelasanyya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. INI BUKAN KARTU KREDIT! Jadi kamu harus isi saldo dulu baru bisa belanja!

      Nah, karena ada logo VISA-nya ini lah makanya bisa dipake belanja seperti kartu kredit apabila mau melakukan transaksi online atau narik di atm di luar negeri yang berlaku VISA juga.

      Delete
  33. halo saya masukin cashtag mas aria $aryanatar kenapa gabisa ya ga dapet saldo 50.000. jd saya semalam tgl 3-3-17 registrasi via app lalu janjian dgn jenius crew dateng kerumah ternyata cepet cm 15 menit langsung sampai katanya lokasi saya dekat dgn basecamp nya. setelah aktivasi dan aktif tp saldo masih 0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartunya udah diaktifin belom? Aktifin dulu M-card nya (ikutin petunjuk yang ada di dalam amplop yang dikasih sama kurir Jenius)

      nah, kalo udah aktif nanti akan diproses untuk bonus saldonya, kurang lebih selama 2 minggu lah..

      sambil nunggu saldo lo nambah mending undang temen2 lo yang lain buat pakai Jenius dan masukin cashtag yang udah lo bikin.. nanti lo dan teman lo akan dapat bonus tambahan saldo lagi 50rb, begitulah caranya supaya saldo lo nambah terus..

      semua butuh proses bro, harap bersabar ya! :)

      Delete
    2. Maaf saya pengguna baru, saya domisili surabaya, jadi gak bisa janjian sama jenius crew, untuk kartu sudah saya aktifkan , tapi akun belum aktif .. kalo akun belum aktif apa bisa untuk transfer dan tarik tunai?

      Delete
    3. saya pengguna baru Jenius, tinggal di Purwokerto, karena tidak bisa aktif lewat crew jadi terpaksa datang ke kantor BTPN dengan bawa KTP dan langsung bisa aktif terus isi saldo, walaupun belum terima m-card bisa coba belanja di Alibaba pakai e-card, walaupun ini kartu Debit Visa tapi bisa dipake buat belanja di merchan internasional, mantabbb...

      numpang cashtag $EKONURPOYO

      Delete
  34. Asli mantep nih aplikasi Jenius, mudah digunakan, simple dan gue paling demen sama fitur Dream Savernya! Mana ngasih saldo Rp 50.000 secara cuma-cuma lagi, cukup masukin $cashtag : $alpredo pada saat registrasi, dan liat sendiri hasilnya wkk 👍

    ReplyDelete
  35. oke mas, lagi nunggu kartunya nih, thx infonya :)

    $fatkhuluhfi

    ReplyDelete
  36. Anonymous3/14/2017

    Saya baru aktif e-cardnya sedangkan M-card masih menunggu kiriman, yg saya ingin tanyakan tentang verifikasi paypal mana yg terbaik antara pakai e card dgn m card. Soalnya paypal melarang verifikasi akunnya mengunakan virtual card. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dua duanya aja, kalo E-card gak bisa,, ya pake M-card..

      Delete
  37. Recomended banget ini jenius, udah dicoba buat facebook ads, belanja online dll so simple bro, walaupun sampai sekarang setelah 2 mingguan lebih kartu m-card masih tak kunjung datang huft -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/21/2017

      Kalo m-cardnya blm dtg bisa dipakai bwt transaksi kah? aman? kan kartunya ga dipegang ditangan

      Delete
    2. kalo m-card belum datang cuma bisa buat transaksi online pake e-card, tidak hanya dalam negeri, ane nyoba di alibaba.com juga bisa kox kayaknya sih aman

      Delete
  38. Anonymous4/25/2017

    Kalo untuk cicilan bisa ga ya ? Mohon pencerahannya. Yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat ini sih belum bisa, tp mungkin di masa depan akan ada promonya

      Delete
  39. tanya min, saya belum punya kartu NPWP apakah masih bisa daftar di jenius??

    ReplyDelete
  40. bisa banget bos..
    barusan saya aktivasi,tinggal nunggu kartu fisiknya dikirim nih..

    salam $badilah221184

    ReplyDelete
  41. Kalau mau bayar cicilan di bukalapak bisa pakai ecard juga nggak kak? kalo bs gimana caranya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya nggak bisa kalau cicilan kan ini bukan kartu kredit tapi kartu debit visa, ada kok penjelasan di webnya

      Delete
  42. Kalo daftar tanpa npwp bisa gak ya ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. BIsa haha :v gue az baru aktifkan tadi haha daftarnya mah dah lama sih karena disuurh cashtree cuma gue gk butuh jadi gk gue aktifkan,,setelah gue tau kegunannya gue aktifkan deh tanpa NPWP wkw

      Delete
  43. baru aktifkan hari ini, kata kurir btpn m-card dikirim 2 minggu kerja...
    btw, untuk shopping online pake e-card, saldo harus topup dari m-card atau dari saldo utama? masih bingung? berarti nunggu m-card dulu yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. e-card x-card semua di top up dari saldo aktif,,jadi tanpa M-CARD juga bisa belanja asal ada saldo aktif,karena e-card aktif duluan,,,,

      Delete

Back
to top