Mencicipi Auchentoshan Whisky Dari Skotlandia

Whisky adalah salah satu minuman alkohol kesukaan gue yang sering banget gue pesen biasanya buat menikmati musik sambil jejogedan di club atau rave party yang gue datangi (ciyeee gaul banget nih gue ceritanya #uhuk ), sebenernya whisky sendiri punya banyak jenis tergantung dari daerahnya berasal namun yang paling populer tentu scotch whisky dari Skotlandia.

Menurut Wikipedia, whisky tertua berasal dari Irlandia di tahun 1405 kemudian dicatat juga berasal dari Skotlandia di tahun 1496. Walau demikian, diperkirakan whisky sebenernya udah ada dari beberapa ratus tahun sebelumnya dan dibuat di banyak tempat.
Welcome Drink "Cocktail Fruity Whisky"

Tulisan gue kali ini bukan soal menguak sejarah whisky sih, secara lo bisa baca kalau soal itu dari hasil googling atau di Wikipedia, tapi kali ini gue mau ngebahas merk Whisky "Auchentoshan" dari Skotlandia yang meluncurkan kampanye 'The New Malt Order' mulai tanggal 2 - 12 November 2016 di Flow Bar & Lounge, Menara BTPN, Mega Kuningan, Jakarta yang dibuat khusus untuk pecinta whisky untuk menjelajah dunia single malt.

Auchentoshan yang dibacanya 'Ock-un-thos-un' adalah single malt whisky dengan tiga kali proses distilasi dari Glasgow, Skotlandia. Nah, gue kemaren menyempatkan diri untuk datang ke Flow Bar & Lounge dan mencicipi beberapa varian whisky Auchentoshan seperti 12 Year Old, 18 Year Old, American Oak dan Three Wood. Sekalian mencicipi pure whisky, lidah gue juga mencicipi cocktail hasil kreasi gue sendiri dengan menggunakan whisky Auchentoshan sebagai bahan utamanya.


Di Auchentoshan Taste Experiment Bar inilah kita sebagai penikmat whisky bisa bereksperimen membuat cocktail dengan cara masing-masing sekaligus rasa unik dari berbagai varian whisky Auchentoshan seperti Citrus, Nuttiness (kacang-kacangan), Spiciness (rempah-rempah) dan Sweetness (manis) dari hasil maturasi dengan menggunakan tipe casks (barrel / tempat penyimpanan) yang berbeda-beda yaitu : Bourbon, Oloroso Sherry dan Pedro Ximenez.

Terus, apa saja jenis cocktail yang gue bikin di sana?

What The Kue, adalah whisky yang memilili wangi seperti kue, diramu dengan air kelapa, daun pandan, gula jawa dan beberapa tetes bitters dengan menggunakan varian Auchentoshan Three Wood sebagai bahan utamanya yang rasanya menurut gue seperti whisky dicampur air kelapa sehingga terasa segar dan wanginya lembut.

Ye Old Soda Sour, menggunakan varian Auchentoshan 12 Year Old sebagai bahan dasarnya di-mix dengan tiga macam citrus dan sejumput gula ditambah satu scoop es krim vanila sehingga rasanya beda banget di lidah gue, creamy but strong.

Slightly Old Fashioned, hanya karena old fashioned bukan berarti whisky ini kuno, namun cita rasanya sangat mature dengan Auchentoshan Three Wood yang ditetesin bitters dan gula jawa sehingga pas banget buat menemani ngobrol atau hangout sama teman-teman.

Jammin With The Marmy, ini dia cocktail kreasi favorit gue. Rasanya yang hangat dan kaya akan rempah bercampur dengan manisnya jeruk marmalade dan lemon juice segar hmm.. yummy! Bahan utamanya adalah Auchentoshan 12 Year Old yang dijamin bakal bikin badan jadi lebih rileks dan melayang, love it!

Minum whisky itu gak cuma sekedar minum glek langsung telan tapi ada sedikit kemiripan dengan cara menikmati kopi yaitu pertama nikmati aromanya, kedua teguk sedikit dan biarkan menyentuh seluruh lapisan mulut baru kemudian ditelan dan yang ketiga temani dengan cemilan yang pas.

Pengalaman whisky tasting gue kali ini juga ditemani sama cemilan-cemilan hasil karya Chef Renatta yang menyiapkan berbagai teman berbeda untuk setiap varian Auchentoshan yang gue minum.


Auchentoshan 12 Year Old disajikan dengan Corriander Tofu Cheese with Strawberry Salsa Prawn yang rasanya buat gue juara banget enaknya! Ada juga Chicken Liver Pate dan Toast Spiced Pumpkin Tart yang melengkapi cita rasa unik kacang-kacangan sekaligus mengangkat rasa citrusnya.


Auchentoshan 18 Year Old paling cocok ditemani Chicken Karaage with Peanut Butter and Tamarind Syrup, Hamburg Steak and Burnt Honey Caramel yang jadi favorit gue dan Garam Masalla Ontjom Croquettes yang akan menyempurnakan cita rasa klasik whisky dan banyak digemari.


Auchentoshan 21 Year Old temannya adalah Ginger Butterscotch Tart with Orange Peel Honey & Mustard dan Anchovies Escargots yang akan semakin menonjolkan cita rasa elegan dari whisky ini sebagai minuman paling digemari dari aneka whisky Lowland Malt.


Auchentoshan Three Wood disajikan dengan Beef with Sweet Potato & Orange, Roasted Cauliflower & Chocolate Tartlet dan Keluak & Truffle Cream Filled Choux Pastries yang mempunyai rasa kompleks nan halus.

Mau ngerasain nikmatnya Auchentoshan juga? Silakan langsung buruan dateng ke Flow Bar & Lounge karena Auchentoshan New Malt Order ini hanya sampai tanggal 12 November 2016. Kalo gue sih, sudah pasti akan datang ke sana lagi weekend ini :)


CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top