Pentingnya Punya Rekan Yang Tepat Untuk Forward Your Business

Siapa sih hari gini yang gak ingin punya bisnis sendiri? 8 dari 10 orang teman gue yang gue tanyakan menjawab kalau mereka ingin menjadi wiraswasta suatu hari nanti. Ketika ditanya apa penyebab mereka belum memulai usahanya sendiri saat ini, jawaban yang gue terima pun bermacam-macam misalnya terhalang modal, bingung mau mulai dari mana, belum menemukan kecocokan bidang apa untuk dijadikan bisnis, tidak menemukan rekan yang tepat dan berbagai alasan-alasan lain yang gue terima.



Selain ingin memiliki keuntungan lebih besar, alasan beberapa teman gue ingin membuka bisnis sendiri adalah karena merasa lelah bekerja untuk perusahaannya ditambah lingkungan pekerjaan yang memaksa mereka untuk beradaptasi dengan apapun drama yang terkandung di dalamnya. Buat gue pribadi menjadi wiraswasta adalah proses belajar tanpa henti untuk meraih kesuksesan atau nilai-nilai manfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain, bisnis bukan hanya sekedar keuntungan atau lingkungan pekerjaan namun melalui bisnis yang dijalani gue bisa memahami kemampuan diri sendiri dan memberikan manfaat untuk orang lain. 

“Gue pengen sih buka bisnis sendiri tapi gue bingung bisnis apaan ya yang menguntungkan?” 

Pertanyaan seperti di atas sering banget gue temui, padahal jawabannya cukup mudah “Buka bisnis dari hal yang memang lo sukai dan lo kuasai, mulailah dengan semangat tersebut dan nantinya keuntunganlah yang akan mengikuti kemana pun lo pergi”. Gue percaya bahwa hasil yang kita dapatkan tidak akan pernah mengkhianatai proses yang telah dilakukan dan apa yang kita tanam itulah yang akan kita panen, sebuah slogan yang mungkin terbaca klise tapi sangat gue yakini dan benar adanya. 

Proses gue membuka bisnis pun sama sekali tidak mulus, ada banyak proses pembelajaran dan uji coba yang gue lakukan untuk menemukan kesempatan dan mengembangkannya. Apa sih bisnis yang gue lakukan sekarang? Berbekal dari hobi gue menggambar dari kecil hingga kemudian mengambil jalur pendidikan S1 jurusan Desain Komunikasi Visual, gue sekarang menyediakan jasa untuk membuat konten digital dari illutrasi, video hingga tulisan. 

Berbagai batu sandungan gue alami dari mulai sulitnya mencari klien, sulitnya memuaskan keinginan klien hingga bingung bagaimana membangun personal branding untuk mendukung usaha gue ini. Mencari rekan yang bisa dipercaya dan mau berdedikasi terhadap bisnis kita pun sama sulitnya, entah sudah berapa kali gue gonta-ganti rekan kerja, entah sudah berapa kali ditolak diajak kerja sama karena dianggap bisnis gue tidak memiliki prospek yang bagus dan entah sudah berapa kali gue ditipu sama pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Aaah.. hidup ini memang bagai bangku sekolah yang tak pernah lapuk diduduki, ada saja pelajaran baru setiap harinya untuk dipahami. 

Bank CIMB Niaga juga memiliki peran yang penting sebagai rekan dalam perjalanan bisnis gue, dengan brand promise terbaru bertajuk “Forward”, bank ini semakin dekat dengan gue dan siap mengantisipasi setiap kebutuhan sesuai perkembangan aspek kehidupan bisnis. Bank yang telah berdiri sejak tahun 1955 hingga sekarang ini, menurut gue adalah bank universal pilihan yang mampu dengan baik memberikan solusi kepada nasabah agar dapat lebih cepat menggapai ambisi, tujuan dan mimpi gue termasuk untuk mengembangkan bisnis yang gue jalani ini melalui produk Business Banking yang dimilikinya.


Bila sebelumnya CIMB Niaga punya brand promise “Inovasi Dari Hati” yang memfokuskan pada keinginan dan kemampuan perseroan dalam berinovasi untuk memenuhi kebutuhan perbankan nasabahnya, kini melalui “Forward” bisa menjadi top of mind dalam pikiran nasabahnya untuk membantu meraih mimpi-mimpi mereka. Dengan brand promise barunya ini gue yakin bahwa Bank CIMB Niaga akan semakin menjadi rekan yang tepat untuk mengembangkan bisnis gue dan kalian juga.

Kalo ngomongin reputasi rasanya bank satu ini udah gak perlu dipandang sebelah mata lah ya! Bahkan seorang Maudy Ayunda dan Titi Kamal telah bertahun-tahun menjadi nasabah Bank CIMB Niaga, mereka berdua pun ditunjuk menjadi Brand Ambassador barunya, untungnya gue sempat diundang ke acara mereka jadi bisa ketemu langsung deh...hehehe!




“Apakah kamu punya mimpi?” 

Kalau ada yang nanya kayak gitu, tentu dengan penuh semangat akan gue jawab “YA, GUE PUNYA MIMPI” kemudian akan dilanjutkan dengan “DAN GUE SUDAH PUNYA BANK CIMB NIAGA SEBAGAI REKAN UNTUK MEWUJUDKAN MIMPI – MIMPI TERSEBUT!”. 

Sekarang gue ingin menyemangati kalian yang akan atau sudah menjalani bisnis sendiri untuk mulai mencari rekan yang tepat seperti yang telah gue temukan, with right patner you can forward your business to the next level!


CONVERSATION

14 comments:

  1. Saya lagi ngebangun mimpi seh, bikin bisnis kecil-kecilan yag emang saya suka. Semoga forward bikin usahaku jadi makin berkah \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, sukses ya sama bisnisnya..
      awalnya emang kecil tapi pasti nanti bisa jadi besar..

      SEMANGAT YAA!!

      Delete
  2. “Gue pengen sih buka bisnis sendiri tapi gue bingung bisnis apaan ya yang menguntungkan?”

    Itu pulak pertanyaanku, hahahaha... Jadi sampai sekarang masih kerja ngikut orang deh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya udah aku kasih kan, kamu minatnya kemana.. untuk awal sih baiknya buka bisnis yang memang minat kita di situ, supaya kita fun ngejalaninnya.

      semangat yaaa

      Delete
  3. Jadi semangat nih pembawaan gue habis baca tulisan ini. Makasih Kakak. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa keuntungan bisnis 10% buat gue ya, fee sebagai motivator hahahhaaa

      Delete
  4. saya paling susah kalau nyari rekan buat bisnis, soalnya pada gak mau, apalgi bisnis internet

    ReplyDelete
  5. with right partner .. ini nih mas yg sudah dalam menemukannya hehe..

    ReplyDelete
  6. Sudah punya sahabat yg cocok jadi rekan bisnis dan punya mimpi yg sama, sayang belum mulai2 juga hehhee. Harus dimulai nih kayaknya.

    ReplyDelete
  7. Untuk urusan bisnis memang ga boleh main-main, ya.
    Semangat Aryan, semoga makin berkembang mimpinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, makasih kak yeyeee...

      Delete
  8. Bisnis memang harus disiapkan dengan serius. Hayuk semangaaattt

    ReplyDelete
  9. Hai kak Aryan!! Mimpi, punya banyak, tapi kayaknya gak akan tercapai-capai kalau gak dibuat rencananya yah. Semoga bersama partner dan bersama CIMB Niaga, bisa mencapai mimpi-mimpi bisnis dan keluarga kita semua, aminnn

    ReplyDelete

Back
to top