Sering Merasa 5L ? Mungkin Kamu Kekurangan Ini

Setiap orang pasti pernah ngerasa letih, lemah dan lesu berkepanjangan yang kemudian jadi mudah marah atau mudah tersinggung, apalagi kalau penghuni kota besar kayak gue gini. Banyak hal yang bisa bikin orang jadi letih misalnya perut kosong, stress dan berbagai faktor lainnya. Tapi, tahukah lo kalau ternyata kekurangan sel darah merah juga bisa menjadi pemicu keletihan ini loh!

Anemia, begitulah sebutan untuk kondisi yang ditandai dengan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari jumlah normal. Berdasarkan penelitian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013 halaman 256 : 1 dari 5 orang di Indonesia terkena Anemia.

Seperti yang udah kita ketahui (gue yakin waktu sekolah pasti hal ini diajarkan) Hemoglobin (Hb) ini merupakan zat yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh sel tubuh, sehingga jika kadar Hb kurang dari normal seseorang akan terkena gejala Anemia. Akibat dari Anemia ini bisa mengganggu kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari, produktivitas dan kreatifitas jadi menurun.



Waktu gue diundang untuk menghadiri acara Indonesia Bebas Anemia Sebagai Solusi Total Untuk Indonesia yang Lebih Produktif dan Bebas Anemia hasil kerjasama Merck dan PDGMI di Hotel Dharmawangsa beberapa waktu lalu, gue menjadi lebih sadar untuk waspada terhadap Anemia karena ternyata gak cuma perempuan saja yang bisa kena tapi juga laki-laki apalagi yang gaya hidupnya agak berantakan, wah ngeri deh!
Terus, apa aja sih gejala Anemia itu?

5L : lemah, letih, lesu lelah dan lunglai.
Menurut gue harusnya ada 6L, satu lagi “LAMA” soalnya kalo udah 5L pasti mau ngapa-ngapain jadi lama kaaan? :D

Pucat
Meskipun ditutupi oleh makeup tapi menurut gue wajah yang kurang segar dan pucat pasti akan tetap terlihat.

Kurang bergairah
Gerakan makin lamban, mau ngapa-ngapain males bahkan bisa jadi maunya tiduran terus.

Pusing dan berkunang-kunang
Ini yang paling gak enak menurut gue, rasanya kayak ngeliat banyak bintang di atas kepala. Pusing juga mengakibatkan sulit untuk berkonsentrasi dan berpikir.

Detak jantung cepat
Beneran deh, detak jantung yang cepat ini rasanya gak enak banget kayak ngeliat mantan jalan sama pacar barunya..padahal kita sendiri belom move on dari dia :(

Penyebab Anemia Apa?
Pada sebagian besar kasus Anemia terjadi karena kurangnya zat besi, atau dalam istilah kedokteran disebut Anemia Defisiensi Besi (ADB), kurangnya zat besi juga bisa dipicu karena berbagai hal seperti kehilangan darah saat menstruasi dan pendarahan, kehamilan dan menyusui, jarang mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging, hati, bayam atau ikan, diet vegetarian, sering mengonsumsi teh atau susu dan juga alkohol.

Eh tunggu deh, kok diet vegetarian bisa memicu Anemia juga?
Ternyata zat besi dari nabati lebih sulit diserap oleh tubuh, akibatnya rata-rata makanan penduduk Indonesia mengandung zat gizi besi lebih rendah dari kebutuhan tubuh apalagi sebagian besar kan bahan makanan kita dari nabati.


Bagaimana Cara Mencegah Anemia?

Segala jenis hal buruk pasti bisa dicegah termasuk Anemia, ada beberapa hal yang harus sama-sama kita sadari dan kita lakukan agar kondisi yang tidak menyenangkan ini tidak menghampiri kita:

  1. Pola Makan Seimbang, tidak hanya zat-zat dari nabati saja yang kita butuhkan tapi juga dari hewani seperti daging. 
  2. Hindari minum teh/kopi bersamaan makanan, karena teh/kopi dan menghambat proses penyerapan zat besi oleh tubuh. Kasih jeda sekitar 2 jam setelah makan bila ingin mengonsumsi teh/kopi. 
  3. Vitamin C adalah pasangan yang tepat untuk zat besi, konsumsi buah-buahan atau minuman yang mengandung vitamin C adalah pilihan yang tepat. 
  4. Olahraga yang teratur minimal 20 menit sehari dengan intensitas ringan kemudian perlahan naik, jangan langsung olahraga berat karena tubuh juga perlu penyesuaian. 
  5. Minum suplemen zat besi, seperti Sangobion untuk membantu tubuh. 
  6. Kurangi alkohol. 
Olahraga Untuk Bebas Anemia
Olahraga ada dua jenis latihan, yaitu aerobik dan anaerobik. Latihan aerobik selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol dan kadar gula darah. Latihan anaerobik ditujukan untuk menjaga kebugaran, menigkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh tidak cepat lelah, contohnya seperti latihan beban.


Merck juga meluncurkan Senam Anemiaction yaitu gerakan untuk mencegah gejala Anemia sebagai bagian dari total solusi Indonesia bebas Anemia. Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO mengatakan “Senam Anemiaction merupakan salah satu bentuk olahraga yang terdiri dari beberapa gerakan sederhana yang berfokus kepada beberapa bagian tubuh, yaitu: aktivitas peregangan bawah, tengah dan atas. Gabungan gerakan pada Senam Anemiaction berfokus untuk meningkatkan mitokondria yang merupakan generator dari sel pada tubuh manusia, sehingga siapapun yang melakukan senam tersebut mengurangi gejala-gejala anemia dan dapat menjadi lebih segar serta produktif saat beraktivitas.”

Senyum Bebas Anemia




Jadi, Kalo Sering 5L Itu Artinya ?
Setelah membaca tulisan gue di atas, masihkah bertanya tentang jawaban pertanyaan barusan? Kalo iya berarti lo kurang fokus atau sulit untuk berkonsenstrasi, wah bisa jadi lo kena gejala Anemia tuh! Coba deh konsumsi suplemen penambah zat besi kayak Sangobion lalu baca lagi postingan gue ini dari awal, pasti kali ini lo bisa lebih memahaminya.

Sehat adalah investasi nomer 1 yang harus kita miliki, untuk apa investasi di emas atau properti tapi kita gak punya kesehatan yang baik untuk mengurus dan menikmatinya? Makanya gue pun mulai tahun ini punya resolusi untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat supaya tak menyesal ketika tua nanti. Kalau bukan dimulai dari dalam tubuh kita sendiri, lalau dimulai dari mana dong?



CONVERSATION

7 comments:

  1. Replies
    1. Ahahahahaha!! ayo buruan diatasai 5 L nyaaa ..

      Delete
  2. Gue banget tuh 5L dulu, sekarang sih masih gampang capek tapi gak parah sampe 5L lagi. Mau lanjut perbaiki gaya hidup sehat ah sama perhatiin asupan makanan. Kurang2in teh juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayolah kak kita rencanakan berolahraga bareng yuk, biar tubuh ini fit terus!

      Delete
  3. Olahraga itu penting, yes! Tapi jangan ngotot kek atlet binaraga juga sih, mesti sesuai sama nutrisi yang masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semuanya musti bertahap, mulai dr yang ringan dulu.. padahal faktanya tubuh cuma perlu olahraga rata-rata 20 menit sehari ya.. jadi ga perlu yang berjam-jam gimana gitu..

      Delete
  4. Gue banget tuh 5L dulu, sekarang sih masih gampang capek tapi gak parah sampe 5L lagi. . . . .
    gclub casino
    goldenslot

    ReplyDelete

Back
to top