Mengintip Pembuatan Mitsubishi Xpander di Bekasi


“Yan, tanggal 7 Februari besok ada acara gak? Mitsubishi mau ngundang komunitas, media dan blogger untuk melihat proses pembuatan Xpander di pabriknya di Cikarang, Bekasi nih!” 

“Eeeh..what? Ke Pabrik Mobil? MAU BANGET LAAAH!!” 


PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) dan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ingin menunjukkan proses produksi Xpander dan fasilitas dengan standar kualitas global yang diaplikasikan dalam tiap langkah-langkah produksinya. Selama acara ini berlangsung, gue dan teman-teman komunitas serta jurnalis bisa melihat detil dari dekat bagaimana tahapan-tahapan sebuah mobil dibuat dengan mesin-mesin berteknologi tinggi dan prose pengerjaan yang sangat teliti. 

Kawasan pabrik ini memiliki luas sekitar 51 ha dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo pada tanggal 25 April 2017. Dalam sehari pabrik ini mampu memproduksi 176 buah bodi Xpander siap rakit dengan perbandingan jenis pekerja 40% dikerjakan oleh robot, sedangkan 60% sisanya dikerjakan oleh tenaga manusia. Di tempat inilah Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport lahir dan kemudian diuji kelaikan tiap unitnya sebelum akhirnya bisa mendarat dengan sempurna di halaman garasi rumah konsumen. 

“ Eh terus, bagaimana proses pembuatannya?” 

STAMPING 
Tahapan pertama sebuah lempengan baja akan dicetak membentuk panel body yang dilakukan oleh robot press line berkecepatan tinggi sehingga mampu menghasilkan 10 stroke tiap menit. Panel body inilah yang akan menjadi struktur utama dari kendaraan seperti bagian pintu, atap, badan dan bagian lain yang kemudian akan mengalami proses flange dan piercing.

WELDING 
Tahapan ini dikenal juga sebagai proses pengelasan untuk menyambungkan tiap bagian yang sudah ada hingga membentuk kerangka utama. Proses welding dikerjakan oleh robot yang bergerak cepat dan menyemburkan percikan api ke langit sebagai bukti bahwa robot-robot itu bekerja dengan baik.


PAINTING 
Tak perlu dijelaskanlah ya ini proses apa, sudah pasti ini adalah proses pengecatan alias pemberian warna. Namun uniknya proses pengecatan ini tidak dengan kuas seperti di tempat belajar melukis atau ketika mewarnai tembok tapi kerangka mobil yang sudah melalui proses welding dengan baik akan dicelupkan ke kolam penuh warna. Wah, have a nice swimming ya!

Tak hanya menggunakan teknik ‘berenang’, proses painting ini juga menggunakan automatic spray machine yang dapat menghabiskan sekitar 13 liter cat per mobil. 

ASSEMBLING 
Pada fase ini perakitan tiap elemen kendaraan mulai dipersatukan yang sebagaian besar dikerjakan oleh tenaga manusia. Mitsubishi juga menggandeng banyak vendor merk terkenal untuk melengkapi fitur dan meningkatkan nilai-nilai mobilnya.


QUALITY CONTROL & TEST DRIVE 
Dengan mengedepankan New Plant Concept, MKKI selalu berkomitmen untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan dapat diandalkan (High Quality & Reliable Product) untuk itu proses yang terakhir ini merupakan salah satu elemen penting untuk dilalui. Setiap unit kendaraan akan diperiksa semua detilnya sehingga berhasil melalui proses quality control yang baik.



Apa saja yang diperiksa? SEMUANYA! Literally SEMUANYA! 

Salah satu hal yang membuat gue bangga dengan Mitsubishi di sini adalah karena tiap unit yang dibuat di Indonesia akan diekspor juga ke negara-negara ASEAN seperti Thailand dan Filipina mulai tahun 2018 ini. Sebelumnya dalam 1 bulan pabrik ini mampu menghasilkan 8000 unite Xpander dalam sebulan, seiring dengan waktu yang berjalan dan permintaan yang terus meningkat akhirnya ditingkatkan produksinya hingga mencapai 10.000 unit per bulan. Di masa depan pabrik MKKI ini tak hanya memproduksi Xpander dan Pajero Sport tapi juga L300 dan T120SS. 

“Eh, emangnya Mitsubishi Xpander ini sehebat apa sih sampe banyak peminatnya gini?” 

Dengan harga mulai dari 192jutaan, kita udah bisa mendapatkan banyak manfaat dan fitur yang tak hanya sekedar memberikan kenyamanan tapi juga keamanan bagi yang duduk di belakang stir maupun penumpangnya. Detil fiturnya apa saja, silakan cek di http://bit.ly/XpanderKompasCom di sini lengkap semuanya dijabarin termasuk soal harga.





CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top